Notification

×

Tag Terpopuler

Prajurit Guskamla Koarmada III dan Lanal Biak Ikuti pembekalan Bintal Fungsi Komando

Kamis, 13 Juni 2024 | Juni 13, 2024 WIB Last Updated 2024-06-13T12:24:05Z

TNI AL/ Koarmada III | Dalam rangka Safari Pembinaan Mental (Bintal) Terpadu TA. 2024, Prajurit  Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Biak menerima pembekalan Bintal Fungsi Komando (BFK) yang dilaksanakan oleh Dinas Pembinaan Mental TNI AL yang dipimpin Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Kadisbintalal) Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief, S.I.P., di Gedung Hang Tuah Lanal Biak, adapun tema kegiatan tersebut adalah  “Membentuk Prajurit TNI Angkatan Laut yang Bermental Tangguh dan Berakhlak Mulia Serta memiliki Jiwa Nasionalisme, Militan, Rela Berkorban, Pantang Menyerah dan Sehat Phsikis”. Kamis (13/06/24).

Dalam sambutannya, Kadisbintalal menyampaikan, bahwa  Prajurit TNI AL harus memegang teguh dan melaksanakan Perintah Harian Kasal dalam meningkatkan Keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan landasan utama dalam pengabdian yang tulus dan ikhlas menjaga kedaulatan dan keamanan di laut.

Selanjutnya, disampaikan bahwa tugas Disbintalal yaitu melaksanakan direktif Kasal khususnya dalam menjaga kewarasan personel TNI AL, yang berkaitan dengan pikiran, lahir dan bathin, sehingga terpelihara SDM TNI AL yang profesional, modern dan tangguh sesuai program prioritas Kasal.

Dalam rangka mewujudkan moral dan mental kejuangan prajurit Jalasena tangguh, terdapat 4 (Empat) pilar Bintal TNI AL yang disampaikan oleh Kadisbintalal yakni pembinaan rohani, pembinaan Ideologi Pancasila, pembinaan tradisi dan kejuangan serta Bimbingan dan Konseling.

Disampaikan pula, trend Pelanggaran Personel TNI AL pada tahun 2019-2023 berupa Disersi, Asusila, dan Narkoba, sedangkan tahun 2024 Pelanggaran Prajurit berupa Judi Online dan Pinjaman Online, sehingga perlu diwaspadai agar tidak terlibat pada jenis pelanggaran saat ini.

Setelah selesai pengarahan dari  Kadisbintalal,dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang cara menghindari penyakit HIV dan bagaimana sikap istri dalam memperlakukan suami selaku seorang Prajurit, yang disampaikan oleh dr. Dewi Inong Irana Sp. DV, FINSDV., FAADV.

Sementara itu, Komandan Guskamla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji pada kesempatan tersebut, menyambut baik dengan adanya kegiatan Safari Bintal ini yang bertujuan memberi edukasi kepada Prajurit TNI AL Guskamla Koarmada III dan Lanal Biak tentang pentingnya pembinaan mental prajurit untuk menjaga kesehatan jiwa meliputi pikiran, lahir dan bathin dalam rangka membentuk serta mempertahankan Prajurit TNI Angkatan Laut yang Bermental Tangguh, Pantang Menyerah dan Sehat Psikis dalam melaksanakan pengabdian menjaga kedaulatan dan keamanan di laut. 

Hadir dalam acara tersebut, Perwira Staf Disbintalal, Asintel Danguskamla Koarmada III III Kolonel Laut (T) Darwin Simbolon S.E., M.Tr.Hanla, Komandan Lanal Biak Kolonel Mar Jinawi Atutwaluyanto M.Tr.Ospla., Komandan Lanudal Biak Kolonel Laut (P) Anang Adhi Purwonugroho, dan Prajurit TNI AL  yang berada di Biak, serta Pengurus dan anggota  Jalasenastri Biak.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update