Notification

×

Tag Terpopuler

Danlantamal IX Lepas KRI Dorang - 874 Mendukung Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2024 Di Dermaga Lantamal IX Ambon

Rabu, 07 Agustus 2024 | Agustus 07, 2024 WIB Last Updated 2024-08-07T11:32:44Z

 

TNI Angkatan Laut. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon. Komitmen Perkokoh Fodasi Ekonomi Nasional, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla hadiri Seremonial  Ekspedisi Rupiah Berdaulat Bank Indonesia bertempat di Dermaga Irian, Komplek Lantamal IX, Baguala, Kota Ambon pada Selasa. (06/08/24) 

Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) merupakan salah satu program kerjasama antara TNI Angkat Laut dan Bank Indonesia untuk mendistribusikan, mengamankan dan mengawal uang rupiah ke lokasi yang telah ditetapkan maupun wilayah 3T yaitu terdepan, terluar dan terpencil guna memudakan masyarakat untuk mengakses uang rupiah yang layak edar.  

Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) di Provinsi Maluku pada tahun 2024 ini didukung dengan KRI Dorang 874 yang akan singgah di beberapa pulau yaitu Pulau Werinama, Pulau Kur, Pulau Trangan, Pulau Sera, Pulau Banda dan kembali lagi ke Ambon dengan total jarak tempuh mencapai 1.272 km. Selama ekspedisi tim Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut akan menggelar berbagai kegiatan seperti kas keliling, sosialisasi hingga bakti sosial di setiap wilayah yang disinggahi. 

Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksda TNI Yayan Sofiyan S.T., M.SI., CHRMP., M.Tr.Opsla dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlantamal IX pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi tinggi kepada Bank Indonesia karena dengan berlanjut dan meningkatnya kegiatan ini dari tahun ke tahun dapat bersama-sama hadir untuk menjaga kedaulatan negara dan mendukung pemerataan pembangunan nasional. 

Pada kesempatan yang sama Direktur pengelolaan uang Bank Indonesia Bapak Agus Susanto Pratomo menyampaikan bahwa berdasarkan hasil evaluasi program ERB memberikan banyak manfaat dan dampak positif bukan hanya pada bidang ekonomi akan tetapi dalam bidang kedaulatan negara yang didukung oleh TNI Angkatan Laut dan Pemerintah Daerah.  

Menanggapi hal tersebut Danlantamal IX mengungkapkan bahwa selain menjaga kedaulatan negara TNI Angkatan Laut juga bertugas untuk menjalankan roda pembangunan nasional di seluruh wilayah NKRI, dimana salah satu bagian utamanya adalah  kegiatan perekonomian. 

"TNI Angkatan Laut dengan kekuatan armada yang dimiliki dapat mendukung jalannya program pemerataan pembangunan, utamanya pada wilayah 3T yang didominasi oleh laut dan perairan seperti yang ada di Provinsi Maluku" 

Danlantamal IX berharap agenda kegiatan ERB ini dapat terus berlangsung dan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di Provinsi Maluku baik pada bidang ekonomi maupun sosial serta dapat menanamkan rasa bangga dan cinta rupiah sehingga dapat memperkuat kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update